Hello! Welcome to My Blog

I'm a college student. I still learning how to write a good articles and try to post it, to share to other people what i've been learned from my college.

Animal Husbandry

Latihan Dasar SPSS

Senin, 26 Mei 2014

Memasukkan dan mengolah data ke spss :

Tampilan layar SPSS ada 2 yaitu Data view dan variabel view. Data view adalah data yang tampilannya seperti excel, data view ini sebagai lembar kerja. Untuk melihat tampilan data view,dengan meng-klik tulisan (data view) Sedangkan variable view berperan sebagai definisi operasional yang hasilnya nanti akan terlihat di  data view. Untuk melihat tampilan variable view, dengan meng-klik (variable view) sepeti di tunjukan lingkaran merah. Inilah pengenalan Program SPSS secara garis besar.Untuk mengenal SPSS lebih jauh, mari kita mencoba mengolah data.


Hal pertama yang kita lakukan adalah memasukkan format data pada halaman VARIABLE VIEW di SPSS,kemudian ketik nama2 variable sesuai gambar dibawah:



Pada halaman DATA VIEW, masukkan data sesuai dengan format data yang telah dibuat, masukkan data yang kita punya. sebagai contoh dapat dilihat gambar dibawah ini:

selain memasukkan data, kita dapat menghitung data yang kita punya. Mulai dari mencari nilai rata2, nilai max, dsb. Sebagai contoh kita akan coba mencari nilai rata2. Pertama klik menu analyze-descriptive statistic-descriptive.

maka akan muncul jendela baru, kali ini kita akan mencoba mencari nilai rata2 tinggi badan. klik 2 kali pada tinggi badan, klik option.
maka akan muncul jendela baru, hilangkan semua centang kecuali MEAN. kemudian klik continue kemudian OK. maka akan keluar jendela output, yang merupakan hasil perhitungan nilai rata2 tinggi badan yang kita cari.


Kemudian kita dapat menyimpan output dan data yang telah kita buat.

1 komentar:

Olah_Data_Semarang mengatakan...

Olah Data Jujur
Olah Data Yang Jujur
Olah Data Semarang Merupakan Olah Data Yang Jujur
https://s.id/Jujur
Peneliti Boleh Saja Salah, Tapi Ia Tak Boleh Berbohong
Kualitas Suatu Penelitian Terletak Pada Integritas Dan
Standar Moral Penelitinya

Posting Komentar